Saturday, August 5, 2017

Pendidikan Indonesia

Disini gw cuma mau berbagi pandangan gw terhadap pendidikan di Indonesia

Maaf sebelumnya kalo misalkan bahasa gw menyerang pihak tertentu
Dan maaf kalo bahasa gw ribet sulit dimengerti .-. Soalnya gw nulis ini buru buru takutnya ilang dari otak secara instan.

Oke yg pertama gw pengen ngobrolin tentang that so-called kebijakan baru menteri pendidikan yg menerapkan full-day school dan tidak ada pr. Ya sedenger gw sih gitu, gatau juga soalnya gw belom telusurin lebih lanjut karena kesibukan gw pribadi. Tapi kenyataannya justru full-day school + PR. Barusan di line timeline gw liat ada orng yg ngeluh dengan kebijakan ini (keliatannya sih anak sma)

Setelah baca keluhannya, gw setuju. Karena iya emang kita itu hanya pelajar, kita butuh waktu istirahat. Instead of jadi pinter di semua bidang, justru kita malah jadi teu puguh di semua bidang. Dan juga harus bisa fokus juga ke passion kita yg nonakademik soalnya hidup emang selalu akademik? Ga juga kan? Apalagi sekarang gw menimba ilmu di sekolah yg emang dari dulu tradisinya itu tugas dan pr yang segambreng setiap hari.

Nah, dengan alasan sekolah gw ngasih pr banyak, di satu sisi gw ga setuju dengan keluhan yg tadi. Karena, Kuliah lebih berat dari sma, smp apalagi sd. Banyak banget gw denger keluhan ini dari sodara dan temen gw yg udah kuliah. Tapi mereka keknya sans-sans aja ngejalanin hidupnya. Ga ngeluh kaya anak sma tadi.

"tapi kan kuliah mah kan fakultas/jurusannya fokus ke pelajaran yang emang kita inginkan". Ya iya tapi kan itu semua ga berarti lu bakal dapet pekerjaan yg lu pengen dengan cara masuk fakultas itu kan? Walaupun kemungkinan besar iya lu bakal dapet pekerjaan yg lu cita citain dari dulu. But who knows?

Nah darisini. Gw belajar untuk ga ngeluh, jalanin aja. fokus ke sekolah, tapi juga fokus ke passion yg non-akademik(ekskul, komunitas, dll.(dan nilai plus berorganisasi di osis)).

TAPI, Sebelum gw baca keluhan anak sma yang tadi, gw juga pernah liat keluhan yang kalo ini sih emang parah. Full-day school bagi anak sd. Nah ini, kalo yg ini gw ga setuju banget. Karena sd coy, jaman jamannya lu mesti banyak maen. Jaman jamannya lu mesti jadi anak kecil(karena emang masih anak kecil). Menurut gw, kalo misalkan anak kecil ga dapet yg namanya kebahagiaan. Kemungkinan besar anak kecil ini yg biasanya nanti gedenya jadi kriminal, tukang bolos, atau badboy yg sangat negatif, yg terjerumus ke narkoba, free sex, geng motor, durhaka ke orang tua, dll.

Nah kalo ini sih gw berharap menteri pendidikan bisa ngubah sesuatu tentang ini.

EDIT/11Aug2017: Gw baru aja baca berita di Line today bahwa Presiden Indonesia Pak Joko Widodo, bilang Full-day school itu gak wajib, dan segera diatur di perpres instead of permendikbud

Ini dulu deh nanti gw edit lg buat bahasan lain

Thanks.

No comments:

Post a Comment